Universitas Mulia Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU)

Program Studi

Dosen Prodi SI ikuti Rapat Finalisasi Instrumen Riset Preferensi Masyarakat Kaltim

Dosen Prodi Sistem Informasi Ikut Rapat Finalisasi Instrumen Riset Preferensi Masyarakat Kaltim

Samarinda, 27 Oktober 2023 – Tiga dosen dari Program Studi Sistem Informasi Universitas Mulia Kota Samarinda, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan STIKES Wiyata Husada Samarinda, menghadiri rapat finalisasi instrumen riset Preferensi Masyarakat Kaltim terhadap Isu dan Tantangan.

Rapat yang diadakan di Brida Kaltim ini dihadiri oleh 7 dari 14 peneliti yang terlibat dalam riset ini. Para peneliti berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Samarinda dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.

Dalam rapat tersebut, para peneliti membahas dan menyempurnakan instrumen riset yang akan digunakan untuk mengumpulkan data. Dosen dari Prodi Sistem Informasi mendapatkan tugas untuk melakukan capture preferensi dari media sosial.

Riset ini bertujuan untuk mengetahui preferensi masyarakat Kalimantan Timur terhadap isu dan tantangan yang dihadapi oleh daerah tersebut. Hasil riset ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Dosen Prodi Sistem Informasi Ikut Rapat Finalisasi Instrumen Riset Preferensi Masyarakat Kaltim Read More »

HIMASI Universitas Mulia Kampus Kota Samarinda - FGD BALITBANGDA PROV. KALTIM

HIMASI Universitas Mulia Berkontribusi dalam Riset Kemandirian Daerah Kaltim

Samarinda, 26 Oktober 2023 – Himpunan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi (HIMASI) Universitas Mulia Kampus Kota Samarinda, perwakilan BEM Universitas lain di samarinda, lintas ormas, dan lintas organisasi kemahasiswaan dari berbagai kampus berkesempatan hadir dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Riset Kemandirian Daerah Provinsi KALTIM” yang dilakukan oleh BALITBANGDA PROV. KALTIM yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan perspektif dari berbagai Organisasi sehingga mampu mendapatkan perspektif yang holistic dalam melihat fenomena yang di angkat di riset ini.

“Kegiatan ini merupakan upaya dari BALITBANGDA PROV. KALTIM untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak terkait dengan kemandirian daerah Kalimantan Timur,” ujar Kepala BALITBANGDA PROV. KALTIM, Dr.M. Ir. H. Fitriyansyah, S.T., M.M.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kami dapat mendapatkan masukan yang berharga untuk penyusunan riset kemandirian daerah Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Dalam FGD tersebut, para peserta diajak untuk berdiskusi dan memberikan masukan terkait dengan berbagai aspek yang berkaitan dengan kemandirian daerah Kalimantan Timur, seperti aspek ekonomi, sosial, dan budaya.

Peserta FGD juga diajak untuk memberikan rekomendasi terkait dengan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemandirian daerah Kalimantan Timur.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami berharap hasil FGD ini dapat menjadi masukan yang berharga bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan yang dapat meningkatkan kemandirian daerah Kalimantan Timur,” ujar Ketua HIMASI Universitas Mulia Kampus Kota Samarinda, Albert.

“Kami juga berharap pemerintah daerah dapat melibatkan lebih banyak pihak dalam penyusunan kebijakan yang berkaitan dengan kemandirian daerah Kalimantan Timur,” imbuhnya.

HIMASI Universitas Mulia Berkontribusi dalam Riset Kemandirian Daerah Kaltim Read More »

PKM Dosen PSDKU Universitas Mulia

Dosen PSDKU Universitas Mulia Menjadi Narasumber Workshop Pemanfaatan AI bagi Pembelajaran

UM – Dosen Sistem Informasi, Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Samarinda Haerullah, S.Kom., M.T melaksanakan penugasan sebagai narasumber Workshop Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) bagi siswa-siswi SMK 2 Muhammadiyah Samarinda. Workshop digelar di Kampus PSDKU Samarinda, Jum’at (13/10).

Tercatat 40 orang peserta yang terdiri dari siswa-siswi, guru, dan kepala sekolah aktif mengikuti workshop. Materi yang dipaparkan adalah seputar pemanfaatan TI, khususnya pada pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) ChatGPT.

“Aplikasi ChatGPT untuk membantu mengerjakan tugas seperti pembuatan makalah, pemahaman materi pembelajaran, memahami rumus matematika dan yang lainnya,” tutur Haerullah, M.T, dosen Program Studi S1 Sistem Informasi PSDKU Samarinda kepada media ini.

PKM Dosen PSDKU Universitas Mulia

Menurutnya, pemanfaatan teknologi semakin meluas di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan.

“Salah satu inovasi terbaru adalah pemanfaatan aplikasi ChatGPT bagi siswa SMA dan SMK. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan artifisial untuk membantu proses pembelajaran,” ungkap Deddy, yang memiliki peminatan riset di bidang Data Mining, Decision Support Model, Sistem Informasi, dan Business Intelligence.

Melalui aplikasi ChatGPT, terangnya, siswa dapat mengajukan pertanyaan, mendapatkan penjelasan, dan memperoleh bantuan dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan interaktif.

“Dengan adanya teknologi ini, diharapkan siswa SMA/SMK dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam berbagai mata pelajaran dan mengoptimalkan proses pembelajaran,” tuturnya.

Sementara itu, Haerullah mengatakan aplikasi ChatGPT menyediakan manfaat yang sangat berarti bagi siswa SMA dan SMK dalam pembelajaran. “Dengan adanya akses langsung ke sistem kecerdasan artifisial ini, diharapkan siswa dapat belajar secara mandiri dan fleksibel,” tuturnya.

Ia kemudian mencontohkan bagaimana siswa dapat terbantu dengan adanya apilkasi kecerdasan artifisial tersebut.

“Misalnya, jika siswa kesulitan memahami suatu konsep atau rumus matematika, mereka dapat mengajukan pertanyaan kepada ChatGPT. Aplikasi ini akan memberikan penjelasan yang jelas dan terperinci, membantu siswa memecahkan masalah mereka,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, ChatGPT juga dapat digunakan untuk latihan soal, memeriksa tugas, dan memberikan umpan balik seketika.

“Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan keterampilan mereka dengan lebih efektif dan meningkatkan prestasi belajar mereka,” pungkas Haerullah.

(SA/Puskomjar)

 

Dosen PSDKU Universitas Mulia Menjadi Narasumber Workshop Pemanfaatan AI bagi Pembelajaran Read More »

RAPAT KOORDINASI DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH SEMESTER GENAP TA.2022/2023

PSDKU – Universitas Mulia Kampus Samarinda Usai Menggelar Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023. Bertempat di Ruangan 105, Lantai 3, Gedung Universitas Mulia Kampus Samarinda, Jalan Pahlawan No.2A Kelurahan Dadi Mulya Samarinda, Jum’at (03/03/23). Rapat Koordinasi Dosen di ikuti 20 Orang ini menghasilkan beberapa Pembahasan dan Rencana Mengajar Semester Genap TA. 2022/2023.

Kepala Kantor Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. Mengatakan bahwa Perkuliahan akan dimulai pada tanggal 06 Maret 2023 sesuai Kalender Akademik. Pelaksanaan perkuliahan Semester Genap 2022/2023, dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan dengan komposisi, Tatap Muka Offline Learning 10x, Asynchronous Learning 4 kali, Ujian 2x. Jika dosen berhalangan (force majeur), Blended Learning dapat dilakukan dengan dosen mengajar dari luar kelas dan mahasiswa tetap hadir di kelas. Perkuliahan tatap muka secara fisik di kelas dilaksanakan dengan memperhatikan protocol Kesehatan sesuai ketentuan Pemerintah.

“Dalam hal kondisi darurat dan jenis mata kuliah memungkinkan dosen dapat mengantinya dengan Synchronous learning atau pembelajaran online dengan menggunakan sarana video conference“. Video Conference yang digunakan dalam synchronous learning adalah google meet atau Microsoft teams, kecuali apabila mata kuliah membutuhkan teknologi khusus maka dapat menyesuaikan dengan aplikasi lain. Dalam model asynchronous learning, dosen dapat mengganti pertemuan tatap muka dengan bahan ajar seperti video pembelajaran, animasi, penugasan, dsb dan di upload di lentera. Pada semester genap ini perkuliahan sudah mulai menerapkan sistem LMS lentera, dimana data akan syncrone dengan SIAS.

Selain itu, Kepala Kantor Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. Menjelaskan teknis penggunaan SIMA meliputi penilaian, presensi, rekap jurnal dosen, history mengajar, memasukkan nilai mahasiswa. Dan bagi dosen baru yang masih kurang pengetahuan menggunakan SIMA bisa melihat panduan pada baak@universitasmulia.ac.id. Menu panduan. Terkait jadwal perkuliahan sudah dishare kepada mahasiswa dan telah tercatat bahwa UAS Semester genap akan dimulai pada 24 Juni – 04 Juli 2023. Pada bulan Ramadhan jadwal perkuliahan akan ada perubahan, sehingga dosen bisa menyesuaikan dengan komposisi pertemuan yang sudah ditetapkan. Administrasi akademik dosen, seperti SK mengajar sudah 98%, tinggal menunggu di tanda tangai untuk di upload pada drive yang dapat di akses oleh dosen pada link https:bit.ly/AdministrasiAkademikDosen.

Kepala Kantor Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. dalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023).
Kepala Bagian E-learning dan Pengembangan Sistem Informasi Psdku Kampus Samarinda Bapak Thami Rusdi Agus. S.Kom. dalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023).
Perserta “Dosendalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023).

Kepala Bagian E-learning dan Pengembangan Sistem Informasi Psdku Kampus Samarinda Bapak Thami Rusdi Agus. S.Kom. dalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023). Terkait pemanfaatan lentera akan diadakan training kedua. Panduan Lentera ada di youtube Universitas : Mengakses Lentera, Mengelola Kelas, Forum Diskusi, Penugasan Mahasiswa, Menaitkan Video Pembelajaran, Menambahkan Soal.

Sesi diskusi, Pertanyaan dari Dosen Bapak Muhammad Rivani Ibrahim, S.Kom., M.Kom. Kapan sinkron Lentera apakah awal atau sudah pada masa perkuliahan? “Lentera akan disinkronkan setelah pada masa KRS dan KPRS. (Thami Rusdi Agus, S.Kom.)

Pertanyaan dari Dosen Bapak Ir. Riyayatsyah, M.P. Apakah ada Evaluasi semester ganjil ? “Prodi menjelaskan Harus ada kontrak perkuliahan dosen dalam mengajar yang serentak atau sama dan ketentuan pertemuan dosen online dan tatap muka. Memiliki indikator etika mahasiswa yang seragam dari PENAMPILAN, WAKTU, DAN KEBERSIHAN. Dosen harus memiliki evaluasi mengajar pada setiap semester. Saya pernah terkendala soal bocor di lentera sehingga harus lebih belajar lagi. Bagaimana untuk memfilter mahasiswa yang bisa mengikuti UAS. Telah melakukan evaluasi mengajar dosen persemester dan indeks nilai dosen dengan menggunakan simple atau polling sebelum mengakses KHS tetapi ada minus dari polling tersebut yaitu muncul lebih dari 1 kali sehingga data yang masuk bisa double“, Tuturnya.

Dosen, Bapak Abdul Rahim, S.Kom., M.Cs. Mengatakan terkait kontrak perkuliahan diberikan kepada dosen termasuk kedisiplinan dan ketentuan UAS setiap awal semester. Dosen, Bapak Pramudya Prima Insan, S.Kom., M.Kom. Mengatakan Dosen memberikan penilaian terkait pertemuan mahasiswa setiap minggu Program Studi dan dosen nanti akan dibantu oleh kemahasiswaan terkait apabila ada kendala dengan mahasiswa sebagai penengah. Dosen Bapak Kurniawan, M.Pd. Ras SOP harus ada untuk kontrak perkuliahan harus seragam. Dosen, Bapak Wasono, S.Si., M.Si. Mengatakan Kehadiran dan UAS dilihat lagi dari alasannya apakah sakit dll. Kuis saya lakukan setiap pertemuan 4 dan 6. Sistem penilaian dilihat dari 85% kehadiran.

Point dari pertemuan rapat dosen Kepala Kantor “Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. Edaran kontrak kuliah akan diberikan kepada dosen. Terkait kedisiplinan akan dibicarakan ke UPPS”.

(BMS/Psdku)

RAPAT KOORDINASI DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH SEMESTER GENAP TA.2022/2023 Read More »

Perlu bantuan? Ayo kontak kami sekarang!