Universitas Mulia Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU)

RAPAT KOORDINASI DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH SEMESTER GENAP TA.2022/2023

PSDKU – Universitas Mulia Kampus Samarinda Usai Menggelar Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023. Bertempat di Ruangan 105, Lantai 3, Gedung Universitas Mulia Kampus Samarinda, Jalan Pahlawan No.2A Kelurahan Dadi Mulya Samarinda, Jum’at (03/03/23). Rapat Koordinasi Dosen di ikuti 20 Orang ini menghasilkan beberapa Pembahasan dan Rencana Mengajar Semester Genap TA. 2022/2023.

Kepala Kantor Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. Mengatakan bahwa Perkuliahan akan dimulai pada tanggal 06 Maret 2023 sesuai Kalender Akademik. Pelaksanaan perkuliahan Semester Genap 2022/2023, dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan dengan komposisi, Tatap Muka Offline Learning 10x, Asynchronous Learning 4 kali, Ujian 2x. Jika dosen berhalangan (force majeur), Blended Learning dapat dilakukan dengan dosen mengajar dari luar kelas dan mahasiswa tetap hadir di kelas. Perkuliahan tatap muka secara fisik di kelas dilaksanakan dengan memperhatikan protocol Kesehatan sesuai ketentuan Pemerintah.

“Dalam hal kondisi darurat dan jenis mata kuliah memungkinkan dosen dapat mengantinya dengan Synchronous learning atau pembelajaran online dengan menggunakan sarana video conference“. Video Conference yang digunakan dalam synchronous learning adalah google meet atau Microsoft teams, kecuali apabila mata kuliah membutuhkan teknologi khusus maka dapat menyesuaikan dengan aplikasi lain. Dalam model asynchronous learning, dosen dapat mengganti pertemuan tatap muka dengan bahan ajar seperti video pembelajaran, animasi, penugasan, dsb dan di upload di lentera. Pada semester genap ini perkuliahan sudah mulai menerapkan sistem LMS lentera, dimana data akan syncrone dengan SIAS.

Selain itu, Kepala Kantor Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. Menjelaskan teknis penggunaan SIMA meliputi penilaian, presensi, rekap jurnal dosen, history mengajar, memasukkan nilai mahasiswa. Dan bagi dosen baru yang masih kurang pengetahuan menggunakan SIMA bisa melihat panduan pada baak@universitasmulia.ac.id. Menu panduan. Terkait jadwal perkuliahan sudah dishare kepada mahasiswa dan telah tercatat bahwa UAS Semester genap akan dimulai pada 24 Juni – 04 Juli 2023. Pada bulan Ramadhan jadwal perkuliahan akan ada perubahan, sehingga dosen bisa menyesuaikan dengan komposisi pertemuan yang sudah ditetapkan. Administrasi akademik dosen, seperti SK mengajar sudah 98%, tinggal menunggu di tanda tangai untuk di upload pada drive yang dapat di akses oleh dosen pada link https:bit.ly/AdministrasiAkademikDosen.

Kepala Kantor Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. dalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023).
Kepala Bagian E-learning dan Pengembangan Sistem Informasi Psdku Kampus Samarinda Bapak Thami Rusdi Agus. S.Kom. dalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023).
Perserta “Dosendalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023).

Kepala Bagian E-learning dan Pengembangan Sistem Informasi Psdku Kampus Samarinda Bapak Thami Rusdi Agus. S.Kom. dalam Rapat Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap TA. 2022/2023 Psdku Kampus Samarinda, Jum’at (03/03/2023). Terkait pemanfaatan lentera akan diadakan training kedua. Panduan Lentera ada di youtube Universitas : Mengakses Lentera, Mengelola Kelas, Forum Diskusi, Penugasan Mahasiswa, Menaitkan Video Pembelajaran, Menambahkan Soal.

Sesi diskusi, Pertanyaan dari Dosen Bapak Muhammad Rivani Ibrahim, S.Kom., M.Kom. Kapan sinkron Lentera apakah awal atau sudah pada masa perkuliahan? “Lentera akan disinkronkan setelah pada masa KRS dan KPRS. (Thami Rusdi Agus, S.Kom.)

Pertanyaan dari Dosen Bapak Ir. Riyayatsyah, M.P. Apakah ada Evaluasi semester ganjil ? “Prodi menjelaskan Harus ada kontrak perkuliahan dosen dalam mengajar yang serentak atau sama dan ketentuan pertemuan dosen online dan tatap muka. Memiliki indikator etika mahasiswa yang seragam dari PENAMPILAN, WAKTU, DAN KEBERSIHAN. Dosen harus memiliki evaluasi mengajar pada setiap semester. Saya pernah terkendala soal bocor di lentera sehingga harus lebih belajar lagi. Bagaimana untuk memfilter mahasiswa yang bisa mengikuti UAS. Telah melakukan evaluasi mengajar dosen persemester dan indeks nilai dosen dengan menggunakan simple atau polling sebelum mengakses KHS tetapi ada minus dari polling tersebut yaitu muncul lebih dari 1 kali sehingga data yang masuk bisa double“, Tuturnya.

Dosen, Bapak Abdul Rahim, S.Kom., M.Cs. Mengatakan terkait kontrak perkuliahan diberikan kepada dosen termasuk kedisiplinan dan ketentuan UAS setiap awal semester. Dosen, Bapak Pramudya Prima Insan, S.Kom., M.Kom. Mengatakan Dosen memberikan penilaian terkait pertemuan mahasiswa setiap minggu Program Studi dan dosen nanti akan dibantu oleh kemahasiswaan terkait apabila ada kendala dengan mahasiswa sebagai penengah. Dosen Bapak Kurniawan, M.Pd. Ras SOP harus ada untuk kontrak perkuliahan harus seragam. Dosen, Bapak Wasono, S.Si., M.Si. Mengatakan Kehadiran dan UAS dilihat lagi dari alasannya apakah sakit dll. Kuis saya lakukan setiap pertemuan 4 dan 6. Sistem penilaian dilihat dari 85% kehadiran.

Point dari pertemuan rapat dosen Kepala Kantor “Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. Edaran kontrak kuliah akan diberikan kepada dosen. Terkait kedisiplinan akan dibicarakan ke UPPS”.

(BMS/Psdku)

Perlu bantuan? Ayo kontak kami sekarang!